Inilah CN-235 MPA, Pesawat Intai Buatan Anak Bangsa yang Perkuat Skuadron 5 Hasanuddin

SURYA.co.id - Satu unit pesawat CN-235 Tipe MPA (Maritim Patrol Aircraft) pabrikan PT Dirgantara Indonesia diserah terimakan di hanggar Skadron 5 Lanud Hasanuddin Makassar yang bermarkas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (4/5/2018).

Proses serah terima yang ditandai dengan aksi terbang rendah CN-235 menyambar di atas Apron Galaktika.

Dengan menggunakan dua armada pemadam kebakaran, semburan air dari arah berlawanan menyambut kedatangan pesawat intai berteknologi canggih CN-235 MPA yang memiliki kemampuan terbang rendah hingga ketinggian 1000 feet.

Iwan Krisnanto sebagai wakil PT Dirgantara Indonesia menjelaskan, pesawat produksi dalam negeri ini telah dilengkapi sistem komputer yang diintegrasikan dengan sistem sensor hingga memiliki kemampuan menangkap rute dan pancaran frekuensi.

Menurut Iwan, pesawat ini juga memiliki kemampuan radar yang dapat menjangkau antara 100 hingga 200 Notical Mile ditambah dengan kemampuan kamera beresolusi tinggi hingga dapat memaksimalkan proses patroli di wilayah NKRI.

“Kedepannya pesawat jenis CN-235 ini akan dibekali roket, sehingga selain melakukan patroli, juga langsung dapat melakukan penindakan,” ungkap Iwan saat memberikan keterangan pers, di Skadron 5 Hasanuddin, Jumat.

Sampai saat ini PT Dirgantara indonesia telah memproduksi 18 unit pesawat yang telah digunakan oleh Turki sebanyak 9 pesawat, 4 pesawat untuk Korea dan selebihnya digunakan TNI Angkatan Udara mauapun Angkatan Laut.

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CN-235 MPA, Pesawat Intai Canggih Buatan Anak Negeri, Tambah Kekuatan Alutsista Skadron 5 Hasanuddin"


Editor: Putra Dewangga Candra Seta

http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/06/inilah-cn-235-mpa-pesawat-intai-buatan-anak-bangsa-yang-perkuat-skuadron-5-hasanuddin.



Source : Surya.co.id

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com