Pesawat N219 Buatan PTDI Sukses Lakukan Uji Coba Terbang

BANDUNG, bandungkiwari - Purwarupa pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia berhasil uji coba penerbangan (flight test) untuk pertama kalinya.

Pesawat karya anak bangsa itu diterbangkan Captain Esther Gayatri Saleh, Chief Test Pilot PTDI sebagai Pilot In Command (PIC), dan Captain Ervan Gustanto sebagai First Officer (FO).

Di dalam penerbangan itu juga ikut serta Ir. Yustinus Kus Wardana dan Ir. Adriwiyanto sebagai Flight Test Engineer (FTE), untuk memastikan setiap tahapan pengujian terbang dilaksanakan dengan baik dan benar serta terjamin unsur keselamatannya.

Flight test purwarupa pesawat kedua N219 tersebut disaksikan Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro beserta seluruh jajaran Direksi PTDI, di Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran No 154 Bandung, Jumat (21/12/2018).

Pesawat N219 melakukan take off dari Landasan Bandara Husein Sastranegara pada pukul 07.50 WIB, lama penerbangan sekitar 20 menit dengan rute di atas Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat, menuju ke arah Sukabumi.

Pesawat kemudian mendarat dengan baik pada pukul 08.10 di Landasan Bandara Husein Sastranegara.

Captain Esther Gayatri Saleh, Pilot In Command (PIC) mengungkapkan rasa bangga atas persiapan seluruh tim sehingga membuat dirinya percaya diri untuk dapat menerbangkan pertama kali purwarupa pesawat N219.

Untuk diketahui, PTDI menggunakan dua prototype pesawat untuk mempercepat proses sertifikasi uji terbang. Purwarupa pesawat N219 yang menjalani flight test ini yang kedua. Sebelumnya PTDI juga telah menyiapkan purwarupa pesawat pertama N219.

“Jauh lebih baik dari yang pertama karena kita punya data-data dari yang pertama. Tentunya ada improvement lebih besar di sini, salah satunya flight control improvement”, jelas Captain Esther Gayatri Saleh.


(Iman Herdiana)



Source : https://kumparan.com/bandungkiwari/pesawat-n219-bu

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Humas : pub-rel@indonesian-aerospace.com

Marketing : marketing@indonesian-aerospace.com